Sumber Berita Nasional Terkini

  • Diskon Alat Rumah Tangga
  • Diskon Alat Masak
  • Diskon Fashion Pria Wanita
  • Diskon Komputer Laptop

ICW : 14 Kader Golkar Terjerat Kasus Korupsi

Penulis : Pada Hari : Jumat, 28 Desember 2012 | Jam : 05.35
Muara dari kasus korupsi tersebut sebagai pendanaan untuk politik Pemilu 2014.

JAKARTA, Jaringnews.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) mencatat, dari 52 kader partai politik (parpol) yang terjerat kasus korupsi selama tahun 2012, Golkar berada di urutan pertama sebagai partai yang berkontribusi paling banyak melakukan tindak korupsi.

Peneliti ICW Apung Widadi, ada 14 kader Golkar yang terjerat korupsi tahun ini. Di posisi dua, ada kader Demokrat (10 orang) dan di posisi tiga dan empat berturut-turut PAN dan PDI Perjuangan.

Ditambahkan Apung, dari 52 kader parpol tersebut, 21 kader berasal dari unsur mantan anggota DPR dan DPRD, 21 orang dari kalangan mantan atau kepala daerah, dua orang dari kalangan pengurus partai dan satu orang menteri aktif.

"Terhadap fenomena korupsi di indonesia, desainnya sebenarnya masih sama. Lingkaran setannya adalah dominasi, politisasi birokrasi, korupsi/konsensasi/lisensi kontrak, suap dan sumbangan pemilu," ujar Apung dalam konferensi pers Refleksi Akhir Tahun 2012 ICW di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Jumat (28/12).

"Dari KPK, kepolisian, kejaksaan ada 52 politisi yang terjerat kasus korupsi. Dari catatan ini, Golkar urutan pertama," jelas dia.

Apung Widadi menambahkan, modus para politisi yang terjerat kasus korupsi antara lain dengan penyalahgunaan wewenang atau kekuasaan dan sebagai penentu kebijakan anggaran.

"Apa modusnya? Pertama penyalahgunaan kewenangan dan kekuasaan, sebagai penentu kebijakan angggaran, mafia anggaran, pembagian proyek dan sebagainya, bansos dan hibah. Disinyalir muara dari kasus korupsi tersebut sebagai pendanaan untuk politik Pemilu 2014. Pendaanaan politik masih bertumpu pada uang-uang haram yang bersumber dari korupsi," pungkas dia.-(jaring)-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Arsip Blog